Dosen dan mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Nobel Indonesia Makassar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Sumpang Binangae, Kabupaten Barru, Rabu, 21-22 Mei 2024.

PKM ini dikemas dalam bentuk pelatihan pemanfaatan teknologi untuk melakukan pemasaran produk di media sosial. Kegiatan ini mengusung tema Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing di Era Society 5.0. PKM yang dikuti para pelaku UMKM dibuka langsung Lurah Sumpang Binangae, Badaruddin S.Sos.

Ketua Tim Kegiatan PKM yang juga Dosen Program Studi (Prodi) S2 Manajemen & Kewirausahaan, Dr. Fitriany, SE. MM. mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi informasi secara optimal khususnya di Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru.

Sementara perkembangan teknologi informasi di era Society 5.0, jelas Fitriany saat menjadi narasumber, memberikan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing, efisiensi, dan jangkauan pasar.

Kata dia, era digital terus berkembang, UMKM mengalami perubahan signifikan melalui transformasi bisnis yang didorong adopsi teknologi digital.

Nah, kata Fitriany, kemajuan teknologi informasi dan popularitas media sosial ini tidak hanya mengubah pola komunikasi, tetapi juga membuka peluang besar bagi UMKM untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan eksposur di pasar dengan melakukan branding.

Namun, tambahnya, banyak UMKM yang masih kesulitan dalam mengadopsi dan memanfaatkan teknologi informasi karena keterbatasan pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya.

Dr. Andi Widiawati, SE. MM., narasumber lain yang juga Dosen di Prodi yang sama, menambahkan bahwa dibutuhkan dukungan dan pendampingan bagi UMKM untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi secara efektif.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing,” terangnya.

Kata Andi Widiawati, kegiatan ini juga membantu pelaku UMKM mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam proses bisnis mereka, seperti pemasaran, manajemen produksi, dan pelayanan pelanggan.

“Di sini kami juga memberikan pendampingan untuk membantu UMKM mengatasi kendala dan tantangan dalam mengadopsi teknologi informasi,” terangnya.

Hal senada disampaikan Aulyah Zakila Ifani, S.Kom. M.Kom. dari Prodi Sistem dan Teknologi Informasi saat memberikan paparannya. Kata dia, “zaman serba digital saat ini, media sosial cukup memegang peranan penting bagi suatu bisnis”.

Bahkan, kata Aul, sapaan akrabnya, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dengan suatu usaha.

“Media sosial saat ini tak hanya sebagai alat untuk berinteraksi. Media sosial telah membuka pintu bagi usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kehadiran online mereka,” jelasnya.

Nobel

Agunawan sebagai mahasiswa S2 Manajemen & Kewirausahaan yang dilibatkan pada kegiatan ini dan sebagai moderator mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa. Saya jadi tahu penerapan pembelajaran yang didapatkan di kelas, ujarnya.

Sementara Tim PKM ITB Nobel Indonesia Makassar lainnya yakni Nurani, S.Kom. MT., Nurul Istiqamah, S.Kom. M.Kom dan Eka Wijaya Paula, S.Kom. MM. menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilakukan untuk pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yang dibiayai oleh kampus. Hal ini terkait IKU 2, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, IKU 3, Dosen berkegiatan di luar kampus dan IKU 5 tentang hasil kerja dosen (penelitian) digunakan oleh Masyarakat, jelas mereka bertiga.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat rutin dilakukan di ITB Nobel Indonesia dengan melibatkan dosen dan mahasiswa serta multi-disiplin (kolaborasi beberapa program studi) sesuai tema  yang diusung.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *